Header Ads

Wah, Gara-Gara Kelakuan Ahok, Sungai di Jakarta Jadi Tempat Bermain Anak-Anak

KAPOS - Kalangan pengguna media sosial memperbincangkan foto sejumlah anak-anak bermain di sungai. Anak-anak itu tampak riang-gembira mandi tanpa merasa jijik karena airnya tidak lagi jorok, hitam seperti oli bekas.

Ini tentu saja pemandangan langka di Jakarta selama berpuluh tahun ke belakangan, mengingat kondisi air biasanya kotor, warna hitam dan bau.


Pujian pun disampaikan kalangan netizen. Akun facebook Priya Husada misalnya menulis komentar bernada kagum.

"Seumur-umur gw yg lahir di jakarta ga pernah liat anak anak maen di kali... Kalo maen di rawa pernah dulu jaman kelapa gading masih penuh rawa untuk cari ikan betok," tulis Priya pada dinding Facebooknya pada 6 Mei lalu.

Ia menambahkan, "Zaman dulu kali cuman buat tempat sampah sama buang hajat. Ahok ini gila bener... Kali disulap jadi ruang bermain air ramah anak."

Priya berbagi tautan foto anak-anak mandi sambil bermain di sungai yang diunggah Facebook Dinas Keberisahan DKI Jakarta. Dalam foto itu, tampak sejumlah lima orang anak bermain di tengah kali. Lalu dua orang lagi masih berada di tanggul kali.

Air tampak sedikit keruh, namun warnanya tidak sampai sekeruh susu. Juga tidak hitam, seperti pemandangan banyak kali di Jakarta, selama ini.

Juga tidak tampak sampah-sampah plastik, dan limbah lainnya hanyut di atas air sungai. Rerimbun pohon tanaman, seperti pohon mangga dan kelapa, tumbuh di tepi sungai.

Akun Facebook Dinas Keberisahan DKI Jakarta mengunggah foto tersebut pada 5 Mei, pukul 20.54.

"Suatu kebahagiaan bila dapat menjadi bagian dari kebahagian orang lain. Kebahagiaan itu ketika melihat tawa serta canda anak-anak kecil yang berenang di kali Mampang hari ini," demikian keterangan foto itu.

Ada lagi tambahannya. "Pemandangan yang mungkin jarang sekali terlihat di Jakarta. Kali/sungai yang bersih bukan hanya membuat lingkungan indah dan nyaman tapi di situlah ada kebahagiaan."

Tautan ini banyak dibagi (share) facebooker lainnya. Hingga Senin (9//5/2016) pukul 23.30 Wita, 1.180 akun facebok telah membagikan informasi ini. Komentar pun banyak, mencapai 158 komentar.

Nelz Wijaya menulis, "good job Sudin Kebersihan Pemprov DKI beserta jajarannya dan terimakasih atas kerja kerasnya guna keindahan dan kebersihan kota kita Jakarta, semoga tingkat kesadaran masyarakat meningkat setelah melihat perubahan ini. #BravoSudinDKI"

Kemudian David Benyamin Solichin meninggalkan komentarnya. "Terima kasih kpd Dinas Kebersihan DKI, yg telah menjadikan kehidupan anak2 kembali natural, tdk lagi bermain gadget sehari2 yg menciptakan egosentris,tp ini menciptakan kebersamaan yg sgt jarang ditemui di jkt."

"Bravo dinas kebersihan DKI, setelah puluhan tahun hiduo di Jakarta, akhirnya kalian berhasil membuat kota ini jadi "benar" bersih... semoga kebahagiaan kita bersama ini membawa kebaikan terhadap semua penduduk kota Jakarta," tulis Didi Arifin.

"Alhamdulillah... Ini semua berkat kesadaran kita" buka karena para pejabat" tinggi itu semua hanya lh sebuah tital,tapi dengan kesadaran dan kemanusiawi yg tinggi menghasilkan sesuatu yg d dambakan nya, Terima kasih pejabat" yg mou perfikir panjang dan terima kasih bwt warga setempat yg mou bisa d ajak keja sama nya menjaga kebersihan lingkungan," tulis Boy Arya.

Ahmad Safrudin, pun senada. "Salut kerja kerasnya ... Namun mohon tetap hati2 merelease foto Sungai di Jakarta sbg tempat bermain. Sekalipun bersih dr sampah, nmun kualitas airnya yg tak memenuhi baku mutu, maka masyarakat bisa misperceptions dalam mandi2 dikali shg sangat membahayakan."

"Terima kasih kpd sudin kebersihan DKI!!! Top markotop lah!!! Tolong tingkatkan dan terapkan denda/sangsi serius kpd para pembuang sampah di kali! Buatlah terus program2 utk mencerdaskan rakyat DKI ttg pentingnya partisipasi setiap warga DKI utk saling jaga kebersihan," komentar Danny Tania.

Irene Salaki menulis, "Akhirnya kota Jakarta jadi bersih dan sehat. Terima kasih pak Ahok dan jajaran Sudin Kebersihan. Tinggal rakyat menjaganya dengan tertib tidak membuang sampah kekali."

"Jakarta lama kehilangan ceria begini... bagai tak percaya hal spt ini terulang kembali... terimakasih Sudin Kebersihan Pemprov DKI.." Toto Nkri

"Serius tuh Kali mampang ??!!! Setau saya itu Kali kan Isi nya sampah dan ikan sapu sapu... Senang rasa nya kalau Kali nya bisa bersih seperti itu... Terima Kasih Teman teman Pasukan oranye.. Krn kalian Jakarta Ku bisa bersih dan Indah..." tulis Edwards Sirait O'Salomoson.

"Sebenarnya ini hasil dr pemimpin yg tegas dan disegani ...20th lebih sy di jkt tapi tdk ada perubahan ,tapi bberapa thn saja sdh banyak perubahan terutama di birokrasinya," komentar Aden Aby.

sumber: tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.