Header Ads

Tempat Wisata di Nganjuk yang Layak Dikunjungi

Air Terjun Sedudo Nganjuk JatimKAPOS - Apabila anda sedang merencanakan liburan bersama keluarga ataupun teman dekat, Kabupaten Nganjuk dapat menjadi salah satu alternatif pilihan tujuan wisata anda. Meskipun kurang begitu populer, tetapi dapat dipastikan liburan anda tidak akan mengecewakan.

Nah, adapun beberapa tempat wisata di Nganjuk yang dapat menjadi alternatif pilihan untuk mengisi liburan akhir pekan atau akhir tahun anda yaitu:

1. Air Terjun Sedudo

Air terjun ini terdapat di daerah desa Ngliman, kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 1.438 meter dari permukaan laut dan memiliki ketinggian air terjun 105 meter. Tempat ini selain memiliki keindahan alam yang mempesona juga memiliki jalur transportasi yang mudah untuk dijangkau sehingga banyak wisatawan yang kemudian memilih tempat ini sebagai tujuan wisatanya. Nah, perlu untuk anda ketahui bahwa masyarakat sekitar masih mempercayai bahwa air dari Air Terjun Sedudo tersebut memiliki kekuatan supra natural sehingga pada bulan Suro, tempat ini diramaikan dengan acara mandi Sedudo yang konon dipercaya dapat membuat awet muda.

2. Candi Ngetos

Mungkin anda banyak yang belum tahu untuk tempat wisat yang satu ini. Candi Ngetos terletak di desa Ngetos, kecamatan Ngetos, sekitar 17 km arah selatan kota Nganjuk. Berdasarkan sejarah, Candi Ngetos ini dibangun pada jaman kerajaan Majapahit sekitar abad XV dan digunakan sebagai tempat pemakaman Hayam Wuruk. Namun, sayangnya secara fisik bangunan candi tersebut sudah mulai rusak dan sepertinya kurang mendapat perhatian pemerintah setempat.

3. Air Terjun Merambat Roro Kuning

Tempat wisata Air Terjun Merambat Roro Kuning ini bukan merupakan tempat yang asing bagi sebagian besar warga Nganjuk. Namun, bagi anda yang tinggal di luar Nganjuk mungkin belum tahu pasti mengenai tempat wisata ini. Sebagai gambaran awal untuk anda bahwa di Roro Kuning ini terdapat patung seorang dewi cantik yang mengenakan selendang. Patung ini tepat berada di pintu masuk dan akan menjadi hal yang pertama anda lihat ketika akan masuk ke kawasan tempat wisata ini. Dan ketika anda masuk, di dalamnya juga terdapat peternakan Rusa.

Nah, untuk obyek wisata utamanya yaitu Air Merambat Roro Kuning yang terletak di ketinggian 600 m dpl dan memiliki tinggi air terjun sekitar 10-15 meter. Air ini mengalir dari tiga sumber mata air dan merambat di antara batu padas di bawah rindangnya pohon pinus dan kemudian mengalir menjadi air terjun trisula. Jika anda tertarik untuk datang ke tempat wisata ini, anda bisa menempuhnya dari Nganjuk, kurang lebih berjarak 30 km ke selatan Nganjuk.

4. Goa Margo Tresno

Di Kabupaten Nganjuk juga terdapat obyek wisata goa yang bernama Goa Margo Tresno. Goa ini berlokasi di desa Sugihwaras, kecamatan Ngluyu, kabupaten Nganjuk. Ketika berada di goa ini, anda akan dibuat terpesona dengan keindahan alam di sekitar goa, karena suasananya memang masih asri, dihiasi pepohonan yang rimbun. Di depan goa, anda akan disuguhi sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berenang. Air kolam di goa ini masih bersih dan jernih.

5. Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL)

Tempat wisata di Nganjuk satu ini lokasinya berada di pusata kota berdekatan dengan Stadion Olahraga Anjuk Ladang. Wisata satu ini sangat cocok bagi anda yang membawa keluarga dan anak-anak, karena di tempat ini banyak sekali tersedia fasilitas bermain anak-anak. Selain itu, di sini juga tersedia kolam renang yang sudah dibagi menjadi kolam renang khusus dewasa dan anak-anak.

Nah, itulah uraian singkat mengenai tempat wisata di Nganjuk yang saya berikan untuk anda. Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Nganjuk ini seperti Nasi Becek, Onde-onde Njeblos, nasi tumpeng, nasi pecel, krupuk upil, dan masih banyak lagi makanan khas Kabupaten Nganjuk ini. Semoga uraian singkat ini dapat bermanfaat bagi anda dan selamat berlibur.

Sumber:  http://www.tempatwisataid.com/tempat-wisata-di-nganjuk-jawa-timur-wajib-anda-kunjungi.html

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.