Header Ads

7 Kuliner di Gresik yang Enak

KAPOS - Gresik terletak 20 km sebelah utara kota Surabaya, juga memiliki aneka kuliner khas gresik yang cukup diperhitungkan dalam kamus makanan kuliner di indonesia  beragam makanan enak yang bisa menggoyang lidah siapa saja yang mencoba kuliner kota gresik ini. berikut ini adalah 7 Kuliner Gresik yang Enak yang banyak di jadikan pilihan :

1. Simpying

simpying

Simpying ini merupakan sejenis kerang yang di oleh dengan bumbu khas yang kaya akan rempah dan juga memiliki rasa yang enak. Simpying ini banyak di jual di berbagai rumah makan yang ada di gresik, jadi anda jika ingin menikmati olahan simpying ini tidak susah untuk mencarinya.

2. Nasi meneer

nasi meneer

Nasi meneer ini merupakan nasi yang di sajikan dengan di sirami kuah bening dan juga di tambah dengan sambal dan juga beberapa lauk. Nasi meneer ini di sajikan di atas daun pisang sehingga tampilannya unik dan berbeda dengan yang lainnya. Penjual nasi meneer yang enak adalah penjual nasi meneer yang ada di beberapa pasar tradisional kota gresik.

3. Bandeng Pak Elan

 bandeng pak elan

Jika anda penggemar ikan bandeng maka rumah makan ini wajib untuk di coba karena RM Bandeng Pak Elan sudah terkenal sebagai rumah makan yang spesialis mengolah bandeng mulai dari bandeng goreng, bandeng bakar, bandeng sop, bandeng otak-otak, bandeng pepes, bandeng presto menikmati bandeng di rumah makan Pak Elan semakin mantap dengan racikan sambelnya yang bisa dikatakan unik, nah bagi anda yang penasaran silahkan mampir aja di jalan veteran 100 Gresik.

4. Sego roomo romo

Sego roomo romo

Kuliner ini biasnaya di sajikan dengan menggunakan nasi atau pun lontong yang sudah di potong, setelah itu di sajikan di atas piring atau daun. Yang menjadikan nasi roomo romo unik adalah nasi ini di atasnya di beri bubur dan juga remasan kerupuk. Lokasi yang jadi rekomendasi adalah di seberang pasar kamis gresik.

5. Kerupuk tutul

Krupuk tutul
Krupuk tutul
Nah jika kamu sedang ada di gresik, dan ingin makan makanan yang ringan namun rasanya enak, maka kamu harus mencoba kerupuk tutul ini. kerupuk tutul ini merupakan kerupuk yang berwarna warni yang di goreng renyah. Kerupuk tutul ini di makan dengan tambahan sambal atau pun bubur sambal. Penjual kerupuk yang jadi rekomendasi adalah yang ada di laun alun kota.

6. Nasi krawu

Kuliner gresik yang enak satu ini sudah menjadi makanan tradisional indoenesia yaitu nasi krawu. Kata “Krawu” sendiri berasal dari kata “Krawuk” atau memakannya dengan menggunakan tangan langsung seperti mengeruk. Nasi krawu terdiri dari nasi liwet yang hangat, daging empat suwir, serundeng dan sambel dan di sajikan diatas pincuk daun pisang. Untuk lauknya sendiri bisa di tambahkan babat, daging empal dll, banyak rekomendasi untuk lokasi kuliner nasi krawu yang favorit diantaranya Buk Tiban, Bu Zaenab, Bu Ria, Buk Mus, Buk Marjani, Buk Rika.  Untuk buk Tiban sendiri berlokasi di Jl. Veteran 118

7. Sego karak.

Sego atau nasi karak ini dahulunya di buat dengan nasi sisa. Namun, saat ini sego karak ini di buat dengan nasi yang di masak, di keringkan lalu di masak kembali dengan menggunakan ketan hitam. Rasanya sangat enak dan juga sangat khas. Sego karak ini akan makin enak jika di santap dengan beberapa lauk, seperti tempe goreng tepung dan lainnya. Lokasi yang paling jadi rekomendasi adalah yang ada di pusat kota gresik.

 Sumber: maemyuk.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.