Header Ads

Inilah 11 Tempat Wisata di Trenggalek yang Paling Terkenal

KAPOS - Sebagai salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur tepatnya di bagian selatan, Trenggalek berbatasan dengan Kabuaten Ponorogo dan Kabupaten Tulungagung. Karena letaknya yang di wilayah pesisir, ada banyak tempat wisata alam yang dapat anda nikmati bersama keluarga. 

Inilah 11 Tempat Wisata di Trenggalek yang paling terkenal dan wajib anda kunjungi:

#Goa Lowo
photo : sraksruk.blogspot.com

Lowo dalam bahasa jawa bermakna kelelawar. Goa ini lokasinya di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo. Tepatnya di 30 km arah selatan kota Trenggalek. Jika anda hendak ke Goa Lowo, jalurnya searah dengan lokasi Pantai Prigi, Pantai Karanggongso serta Pantai Damas. Untuk menuju lokasi goa ini, aksesnya pun tidak sulit. Ada jalan alternatif yang aman dan juga bagus walaupun anda harus menyusuri hutan jati terlebih dahulu. Lebar goa ini mencapai 50 meter dengan tingggi dari 20 hingga 50 meter. Dinding goa terlihat begitu unik yang terbentuk secara alami. Untuk fasilitas umumnya, sudah cukup baik. Goa ini dilengkapi area parkir yang cukup luas dan ada badan jalan untuk memudahkan anda menunju goa. Fasilitas pendukung lainnya adalah warung makan, kios, playground, rest area, mushola serta toilet. Anda pun akan disuguhkan pemandangan stalaktit dan stalakmit dalam goa.

#Pantai Prigi

Letak pantai ini di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo dengan jarak tempuh hingga 69 km ke arah selatan Kota Trenggalek. Untuk menuju lokasi ini, jalannya sudah cukup bagus dengan aspal hatmix. Akses jalannya bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor, mobil dan juga bus. Jika anda ingin menggunakan transportasi umum, maka pelayanannya di mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Pantai Prigi dikenal sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Bahkan, pantai ini memiliki Pelabuhan Nusantara Terbesar terutama di pantai selatan Jawa.

Disini, anda dapat berenang, bermain air, olahraga, berkemah, bermain pasir bersama anak, berinteraksi dengan nelayan, belanja ikan segar, memancing, tenis atau bahkan melihat-lihat upacara labuh laut atau Larung Sembonyo yang dilaksanakan sebagai upacara tahunan yang melambangkan rasa syukur pada Tuhan untuk hasil laut yang berlimpah. Upacara ini dilakukan saat hari minggu pon bulan selo.

#Pantai Pasir Putih Trenggalek

Seperti namanya, pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas. Airnya jernih dengan dikelilingi panorama hijaunya alam yang benar-benar akan memanjakan mata anda. Di salah satu sudut pantai, anda juga dapat menemukan batu karang yang cukup besar. Disini, anda dapat berenang dan juga bersantai. Bahkan, anda juga bisa berlayar untuk mengelilingi perairan pantai dengan menyewa perahu nelayan. Tarif sewa perahu untuk setiap orang mencapai 25.000 rupiah.
Fasilitas di pantai ini mencakup area parkir, jasa sewa pelampung, warung makan, kamar mandi, mushola dan juga penginapan. Selain itu, ada juga jembatan tepi pantai sehingga wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dari tempat yang tinggi. Dari Pantai Prigi, jarak tempuh untuk mencapai pantai ini adalah 3 km. Letaknya masih di kawasan Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimu. Pantai ini dikenal juga sebagai Pantai Karanggongso.

#Pantai Damas


Pantai lainnya yang dapat anda kunjungi adalah Pantai Damas. Pantai ini memiliki pasir hitam dan suasananya masih alami. Jaraknya tidak lebih dari 5 km di sisi barat daya Pantai Prigi. Lokasinya di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo. Disini, anda dapat bermain voli pantai, berselancar, menyewa perahu dan masih banyak lagi. Pantai ini juga dilengkapi lahan parkir, penginapan dan warung makan.

#Pantai Pelang

Lokasi pantai ini di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Terdapat pasir putih luas, air yang jernih dan bukit hijau yang segar. Sekitar 100 meter dari Pantai Pelang menuju arah timur, anda dapat menemukan objek wisata goa sedangkan sekitar 300 meter dapat ditemukan objek wisata air terjun.

#Pantai Blado


Pantai ini memiliki ombakyang besar sehingga cocok untuk selancar. Dengan panorama laut yang bebas anda juga dapat berjemur. Letaknya di Desa Munjungan Kecamatan Munjungan yakni 49 km arah selatan kota Trenggalek.

#Pantai Ngadipuro


Sebagai pantai kampong nelayan berpasir putih, pantai ini berpanorama memukau. Letaknya di Desa Craken Kecamatan Munjungan yakni 59 km arah selatan kota Trenggalek. Anda dapat memancing, menikmati kegiatan sedekah laut tetapi fasilitas belum lengkap.

#Pantai Ngulungwetan


Lokasi pantai ini di Desa Ngulungwetan Kecamatan Munjungan sekitar 66 km dari arah selatan Trenggalek. Pantai ini dilengkapi tanaman kelapa dan hutan campuran. Selain itu, ada pasir putih dan panorama yang indah. Pantai ini cocok sebagai tempat untuk bermain air, menikmati matahari tenggelam, berjemur dan berenang.

#Pantai Ngampiran



 original photo : erenbioriginal.blogspot.com

Berada di Desa Tawing Kecamatan Munjungan yakni 4 km arah timur dari Kantor Camat Munjungan, pantai ini berpasir putih dan masih alami dengan ombak sedang serta karang-karang di sepanjang pantai. Anda dapat menyelam, berlayar, bersantai dan melakukan aktivitas lainnya. Akses jalannya cukup menantang sehingga butuh kewaspadaan tinggi karena banyak tikungan tajam.

#Pantai Taman Kili-Kili

foto by : explore-trenggalek.blogspot.com

Letaknyadi sebelah timur pantai Pelang. Tepatnya di Desa Wonocoyo, Kecamatan Pnaggul yakni sekitar 54 km dari kota Trenggalek. Ada hamparan pasir di sepanjang tepi pantai yang menjadikan pantai ini cocok untuk melihat matahari terbit dan tenggelam. Pantai ini dilengkapi tempat wisata konservasi pembudidayaan penyu sehingga anda pun dapat turut menikmati melepas anak penyu ke laut.

#Hutan Mangrove Pancer Cengkrong


Letaknya di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo. Tempatnya tidak jauh dari pantai Prigi. Pesona alam yang memukau dapat anda temukan di lokasi ini. Anda dapat menerima pelatihan seperti penyemaian, menanam mangrove dan mengolah sirup mangrove.

Nah itulah 11 Tempat Wisata di Trenggalek yang paling populer dan cukup memukau.
 
 Sumber:  http://www.traveljaya.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.