Header Ads

5 Manfaat Buah Stroberi Untuk Kesehatan

 
KAPOS - Stroberi, buah mungil berwarna merah ini tak hanya dapat memanjakan lidah Anda dengan sensasi asam, manisnya saja. Bagi tubuh, manfaat mengonsumsi stroberi juga memiliki keajaiban tersendiri.

Hal ini karena stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari jeruk sehingga baik untuk kesehatan seluruh organ tubuh. 

Di balik warna merah yang dimiliki stroberi, terdapat kandungan fitonutrien yang berefek positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan ahli gizi Nigel Denby menggolongkan stroberi sebagai buah 'super' karena beragam manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi buah ini.

Tak percaya, simak lima manfaat yang bisa Anda rasakan dari mengonsumsi buah stroberi ini.

 1. Anti kanker
Stroberi merupakan sumber antioksidan jenis anthocyanin dan asam ellagic, yang dapat membasmi radikal bebas dalam darah. Seperti diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker di berbagai organ seperti paru-paru, kerongkongan, payudara, rahim, dan lidah.

Khasiat stroberi dalam mencegah pertumbuhan kanker telah dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Temuan menunjukkan bahwa antioksidan dalam stroberi secara signifikan dapat menghambar pertumbuhan sel kanker.

Antioksidan dalam stroberi juga berkhasiat menghalau efek karsinogen yang didapat dari aktivitas sehari-hari seperti paparan asap rokok, atau konsumsi makanan tertentu.

2. Mencegah kebutaan
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam stroberi juga berkhasiat mengurangi risiko degenerasi makula yang dapat mengakibatkan kebutaan sebanyak 36 persen pada lansia. Hal ini dibuktikan melalui studi yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Oftalmologi yang menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga atau lebih buah stroberi dapat mengurangi risiko degenrasi makula ini.

3. Anti penuaan
Para peneliti menemukan bahwa tikus yang diberi stroberi menunjukkan perlambatan penuaan pada fungsi otak. Pada gilirannya hal ini mempengaruhi kemampuan kognitif dan motorik tikus meski usianya tergolong tua. Peneliti meyakini, kandungan vitamin C didalamnya yang berperan dalam melawan penuaan dini.

4. Menjaga kesehatan organ pencernaan
Stroberi tak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga mengandung serat dalam jumlah tinggi yang berefek positif bagi kesehatan sistem pencernaan. Pilihlah buah stroberi yang matang, karena paling kaya kandungan seratnya.

5. Anti peradangan
Kandungan fenol, atau bahan yang dapat menghambat aktivitas berlebihan dari enzim, pada stroberi, terbukti dapat mencegah tubuh dari risiko mengidap berbagai peradangan tak diinginkan, mulai dari osteo-arthritis, rheumatoid arthritis hingga asma. Jika Anda memiliki riwayat penyakit yang terkait peradangan, stroberi merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi.

Sumber: suara.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.