Header Ads

Inilah Ragam Kuliner Lezat di Kota Nganjuk

KAPOS - Saatnya menjelajahi Provinsi Jawa Timur, namun pada kesempatan saat ini kita akan mencari tau tentang kota yang ada di provinsi ini, Kota Nganjuk, inilah kota yang akan bikin sobat semua penasaran dengan aneka kuliner yang tersedia. Kota Nganjuk dikenal sebagai kota angin yang terletak dengan berbatasan langsung Kabupaten Bojonegoro di sebelah utara, Kabupaten Jombang di bagian timur, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ponorogo di bagian selatan, serta Kabupaten Madiun di barat.

Di kota angin ini terdapat juga beberapa tempat wisata yang menarik di antaranya air terjun sedudo, air terjun roro kuning, candi ngetos dan lain-lain, nah jika sobat bepergian ke nganjuk jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya yang terkenal, sayang sekali kalau makanan khas nganjuk ini sampai terlewatkan. tunggu apalagi ayo kita simak apa saja kuliner khas kota nganjuk.

Dumbleg Khas Nganjuk

Makanan ini sejenis makanan dodol yang tebuat dari ketan namun bisa juga menggunakan tepung beras. yang menjadikan dumbleg ini makanan khas adalah rasa dan tampilannya. Rasa yang diberikan oleh makanan yang satu ini adalah manis legit dan bentuknya agak panjang seperti lontong. Makanan khas ini sudah jarang di temui di kota angin, akan tetapi masih ada yang menjualnya di pasar gondang.

Nasi Pecel Nganjuk

Ternyata bukan hanya dikota lain saja , kota Nganjuk juga memiliki makanan yang nasi pecel yang disajikan dengan kulup kangkung, toge, kacang panjang, kembang turi, dalam penyajianya nasi yang disiram dengan kuah sambal kacang/pecel yang di tambahkan tempe, tahu goreng serta rempeyek sebagai lauknya. Inilah yang menjadikan nasi pecel khas Nganjuk berbeda dengan yang lainnya.
 
Nasi Becek Khas Nganjuk

Terdengar unik bukan? yaap, makanan yang mirip sekali dengan kare kambing ini disebut nasi becek.  Nasi becek ini dilengkapi dan di hiasi dengan diberi potongan sate kambing yang telah dilucuti dari tusuk satenya. Selain itu, makanan ini mempunyai rasa yang mirip dengan mayoritas makanan sejenis yang berkembang di daerah Solo, Jawa Tengah. yaitu manis dan tidak asin.
 
Onde-onde ketawa/Njeblos

Dari namanya sudah unik bukan? bagaimana rasanya ya wah pasti enak dan nikmat, sebenarnya onde-onde ketawa ini memiliki bentuk seperti onde-onde yang biasanya namun perbedaannya adalah didalam onde-onde ini tidak terdapat isi yang biasa kita temukan. bentuknya yang pecah bagaikan orang yang sedang keetawa menajdikan onde-onde ini sebagai makanan yang khas.

Kota angin merupakan kota yang banyak angin tapi tidak hanya angin di kota ini juga banyak makanan khasnya, apabila ssobat ber kunjung ke nganjuk jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya yaa kalau perlu bawa sebagai oleh-oleh, semoga bermanfaat!

Sumber: Ihsan Rahman di ayokuliner.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.