Header Ads

Inilah 7 Tempat Wisata Populer di Nganjuk

KAPOS - Saat kepenatan melanda, maka solusi tepat yang bisa dijadikan pilihan yaitu dengan melakukan liburan. Ya, cara ini dinilai efisien untuk mengembalikan kesegaran pikiran setelah melakukan pekerjaan maupun aktivitas yang padat. Namun, wisata manakah yang mempunyai destinasi menarik?

Jika anda bingung untuk liburan kemana, anda bisa berwisata ke daerah Jawa Timur atau lebih tepatnya di Kabupaten Nganjuk. Daerah ini memang tidak sepopuler kota Surabaya maupun Malang namun untuk hal parriwisata Nganjuk mempunyai banyak potensi yang cukup beragam.

Daerah yang menyimpan berbagai macam kawasan wisata menarik yang di dominasi dengan wisata alam ini membuat Nganjuk dijuluki sebagai Kota Angin. Berikut 7 tempat wisata di Nganjuk yang wajib anda kunjungi saat berkunjung di kota tersebut.

 

1. Air Terjun Merambat Roro Kuning Nganjuk

Tempat wisata di Nganjuk pertama yang bisa anda kunjungi yaitu Air Merambat Roro Kuning atau yang sering di sebut dengan Air terjun Roro Kuning. Berlokasi di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret Nganjuk ini berada di ketinggian 600 meter di bawah permukaan laut dan mempunyai ketinggian sekitar 15 meter.

Sesuai namanya yaitu merambat, air terjun ini tidak seperti air terjun pada umumnya karena air terjun Roro Kuning ini mengalir dengan cara merambat di sela-sela bebatuan.

 

2. Air Terjun Sedudo Nganjuk

Objek wisata alam yang selanjutnya yaitu Air Terjun Sedudo yang merupakan air terjun yang paling populer di Nganjuk. Mempunyai  tinggi sekitar 105 meter dan berlokasi di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan Nganjuk ini menyuguhkan keindahan pemandangan air terjun dengan nuansa pegunungan yang masih terasa asri.

Tak hanya terkenal dengan pemandangan air terjunnnya saja, tempat wisata di Nganjuk ini juga menyimpan mitos yang cukup menarik. Konon dengan seseorang mandi di air terjun tersebut pada bulan Suro maka akan membuat awet muda. Mitos tersebut ternyata sudah ada sejak jaman Majapahit.

Adanya mitos tersebut tak heran jika pada setiap tahun baru jawa Air Terjun Sedudo kerap di jadikan ritual untuk upacara Parna Prahista. Untuk air sisanya, biasanya di percikan untuk keluarga supaya di berikan keselamatan serta awet muda.

 

3. Candi Ngetos Nganjuk

Untuk prasasti sejarah, Nganjuk juga mempunyai bangunan peninggalan jaman dahulu yaitu Candi Ngetos. Candi ini merupakan candi peninggalan agama Hindu yang berada di kecamatan Ngetos.

Tempat wisata di Nganjuk ini diperkirakan di bangun pada abad XV dan dibuat tempat untuk pemakaman raja Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit. Bangunan dari candi Ngetos terbuat dari bahan batu merah sehingga secara fisik bangunan ini terbilang sudah rusak. Meskipun begitu, tempat ini selalu ramai di kunjungi wisatawan terutama pada hari libur.

 

4. Taman Pandan Wilis Nganjuk

Taman Pandan Wilis ini merupakan tempat wisata di Nganjuk ini merupakan tempat wisata yang terbilang baru karena dibuka pada tahun 2015. Berada di kawasan Pegunungan Wilis yang memberikan nuansa tenang serta kenyamanan bagi pengunjung yang  hanya ingin duduk bersantai.
Tempat ini cukup ramai untuk menghabiskan waktu di sore hari sembari menikmati pemandangan kota. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini anda bisa mendatanginya di Kelurahan Werungotok, Kecamatan Nganjuk Jawa Timur.

 

5. Bukit Batu Songggong Nganjuk

Selain Bukit Cinta di Ungaran Jaw Tengah, ternyata Jawa Timur pun mempunyai bukit yang tidak kalah menarik. Salah satu bukit yang cukup populer di tempat wisata di Nganjuk ini menawarkan keindahan pesona panorama yang khas dari Pegunungan Wilis. Tempat ini berada di kawasan Dukuh Ngroto Desa Margopatut Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Bagi anda yang suka selfi, bukit Songgong bisa di jadikan tempat untuk mengabadikan momen liburan anda yang  dengan background pegunungan yang asri.

 

6. Grojogan Duwur Sumbemiri.

Karena letaknya yang masih tersembunyi, membuat Grojogan Duwur Sumbermiri masih terjaga kelestariannya. Karena hal-hal inilah banyak masyarakat yang belum mengetahui salah satu tempat wisata di Nganjuk ini belum dikenal oleh masyarakat luas.

Objek wisata ini yang juga du julukui sebagai Waterboom alam ini terletak di Desa Sumbermiri yang berada di kawasan lingkungan Lengkong atau berada di hutan konservasi BKPH Krondang Jombang.
Disini, anda akan menjumapu bentangan batu kapur berisikan air berwarna hijau yang bisa anda jadikan tempat untuk berenang. Disebut waterboom alami karena kolam tersebut terbentuk secara alami.

 

7. Air Terjun Sumber Manik Nganjuk

Dan tempat wisata di Nganjuk terakhir yang bisa anda sambangi yaitu Air terjun Sumber Manik yang merupakan salah satu air terjun yang terbilang baru karena dibuka pada Januari 2016. Kondisi air terjun di tempat tersebut masih alami dan masih terjaga kelestariannya.

Air terjun yang berketinggian sekitar 50 meter ini cukup unik karena terdapat 2 cabang pada pangkalnya. Menawarkan keindahan dan kesejukan air yang  masih begitu alami. Bagi para traveller sejati, anda harus mencoba tempat yang satu ini.

Sumber: wisatadua.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.