Header Ads

Pesona Wisata Alam di Jombang, Kota Santri yang Ciamik

KAPOS - Jombang terkenal sebagai kota Santri, karena memang salah satu pondok pesantren terkenal bernama Tebuireng berada di daerah ini. Selain itu kota ini juga merupakan kota kelahiran Presiden Republik Indonesia (RI) yang keempat, Abdurrahman Wahid atau yang sering disebut dengan sapaan Gus Dur.

Pesona Jombang tak hanya sebagai kota santri dan tempat lahirnya presiden RI keempat, namun Jombang juga menyimpan keindahan alam yang layak untuk dikunjungi. Nah, karena itu wisata alam di Jombang menjadi ulasan yang menarik bagi Youngnesia kali ini. Berikut adalah destinasi wisata di Jombang yang bisa kamu jelajahi:

Kedung Cinet

wisata alam di jombang: kedung cinet
Wisata alam di Jombang pertama yang perlu kamu eksplorasi adalah Kedung Cinet. Kamu pernah mengkesplorasi keindahan Green Canyon di Pengandaran? Nah, di dalam hutan Desa Klitih, Kecamatan Plandaan kamu akan menjumpai versi mini dari Green Canyon Pengandaran.
Sepanjang perjalanan, suasana hutan dan hamparan ladang milik warga setempat bisa menghibur perjalananmu. Perjalananmu juga mesti melalui jembatan gantung tua sebelum mencapai Kedung Cinet. Sesampainya disana pemandangan ngarai kecil dengan air yang kehijauan bisa kamu nikmati santai dan bisa membuat pikiranmu menjadi lebih tenang dengan suasana alamnya yang segar.

Untuk bisa mencapai tempat ini kamu harus melalui jalur beraspal yang lumayan rusak, terlebih lagi jika hujan, jalanan becek dan berlumpur.

Air terjun Tretes

destinasi wisata di jombang: air terjun tretes
www.beritajombang.net
Tak banyak yang tahu, Jombang ternyata memiliki air terjun yang kabarnya tertinggi di Jawa Timur. Air terjun ini terletak di Desa Galengdow, Kecamatan Wonosalam. Wisata alam di jombang jawa timur ini tersembunyi di balik rimbunan hutan rindang nan asri, dnegan dua aliran air terjun yang tingginya mencapai 158 meter dan berada di ketnggian 1.250 mDpl.

Wonowisata Sigolo-golo

wisata alam di jombang: wonowisata sigolo-golo
Wanawisata Sigolo-golo merupakan wisata alam di kabupaten jombang yang terletak di Dusun Kraten, Desa panglungan, Kecamatan Wonosalam. Di wisata alam ini terdapat goa yang terkenal yaitu Goa Sigolo-golo. Untuk mencapai goa ini cukup menantang, karena kamu harus menyusuri jalan setapak yang curam, dan yang ekstrimnya adalah melakukan root climbing yaitu mendaki dengan berpegangan pada akar-akar pohon.
Di kawsan wisata Wanawisata Sigolo-golo juga masih terdapat view yang menawan yaitu bernama Bulu View. Di sini kamu bisa memandang indahnya panorama gugusan pegunungan dengan lereng yang hijau serta aliran Sungai Boro. Selain pesona view di Bulu View dan perjalanan yang menantang ke Goa Sogolo-golo kamu juga bisa melakukan rafting di Sungai Boro atau sekedar menikmati keindahan sungainya.

Goa Sriti

tempat wisata di jombang: goa sriti
Wisata alam di Jombang berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Goa Sriti. Goa yang terletak di Kecamatan Wonosalam ini adalah salah satu destinasi wisata alam yang memiliki jalur relatif mudah. Jalan yang perlu kamu lalui tidak begitu panjang. Selain itu pemandangan di dekat Goa sangat sejuk dan menawan, karena dikelilingi pohon jati dan pisang.

Pemandian  Sumberboto

tempat wisata di jombang: pemandian sumberboto
Pemandian ini adalah pemandian peninggalan Majapahit, namun tempat ini kemudian direnovasi menjadi objek wisata kolam renang alami, bumi perkemahan dan jalur napak tilas perjuangan pasukan Wanara pada perang kemerdekaan.
Di depan tempat pemandian ini terdapat sebuah monumen, yang merupakan simbol dari perjuangan pasukan Wanara melawan pasukan penjajah tepatnya adalah pasukan Jepang. Tempat ini dulu adalah pos persenjataan pasukan Wanara.

Candi Arimbi

tempat wisata di jombang: candi arimbi
Tempat wisata di jombang yang menyuguhkan wisata sejarah dan kebudayaan adalah Candi Arimbi atau Candi Caungkup Pulo. Candi ini terletak di dusun Ngrimbi, Desa Pulosari, Kecamatan Bareng. Nama candi ini diambil dari nama tokoh pewayangan yaitu dewi  Arimbi yang merupakan istri dari Raden Werkudoro.
Candi yang bercorak hindu ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-14, pada era kerajaan Majapahit. Candi ini merupakan representasi dari Tribuana Wijaya Tungga Dewi, raja Majapahit yang memerintah dari tahu 1328-1350 Masehi. Candi yang terletak di tepi jalan raya Mojoagung ini memiliki luas 896,56 meter persegi, dengan tinggi candi sekitar 10 meter dan lebarnya 6 meter.

Sendang Made

destinasi wisata di jombang: sendang made
Sendang Made terletak di Desa Made, Kecamatan Kudu. Sendang ini memiliki ukuran 8 meter X 11 meter. Disekitar sendang ini juga masih terdapat sendang-sendang kecil lainnya, yaitu Sendang Payung, Sendang Padusan, Sendang Drajat, Sendang Sinden, dan Sendang Omben.

Bagimana sobat Youngnesia semua? Apa kalian tertarik untuk mengunjungi wisata alam di Jombang di atas?

Sumber: youngnesia

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.