Header Ads

Ingat, Jangan Menulis Kata Ini dalam Lamaran Kerja!

KAPOS - KATA “kreatif” acap kali digunakan sebagai kata kunci dalam profil pencarian kerja online seperti LinkedIn dan sebagainya, lalu diikuti dengan kata efektif, termotivasi dan berpengalaman. Padahal, sesungguhnya itu adalah hal biasa yang bisa membuat perusahaan yang Anda lamar tak tertarik.

Pakar karier David Schwarz mengatakan, penggunaan istilah-istilah tidak hanya membuat CV Anda terlihat biasa, tapi juga memberikan kesan sedang mencoba untuk melakukan pencitraan."Orang yang mencantumkan kata-kata tersebut sebenarnya mengabaikan detail," jelasnya.

Schwarz menambahkan bahwa segala sesuatu yang Anda cantumkan ke dalam surat lamaran kerja baik itu dalam bentuk hard copy atau pun online harus didukung dengan bukti atau portfolio. "Jika Anda tidak dapat menempatkan bukti otentik atau statistik di sebelah kata-kata tersebut, tidak seharusnya menuliskan dalam CV," katanya lagi.

Dia juga menambahkan bahwa kandidat sebaiknya tidak memasukkan aspirasi dalam CV mereka. "Saya ingin menjadi, tujuan saya adalah, di masa depan saya ingin menjadi, kalimat-kalimat ini tak seharusnya ada di dalam CV pelamar karena pada dasarnya Anda tidak memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan yang Anda lakukan sekarang," papar Schwarz.

Berikut 10 kata yang paling sering muncul di surat lamaran kerja kebanyakan; Kreatif, Efektif, Termotivasi, Berpengalaman, Track Record, Inovatif, Bertanggung Jawab, Analitis, Kemampuan berkomunikasi dan Positif.   

Sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.